tulisan ini hasil copas dari alamat :

http://teknologi.vivanews.com/news/read/141321-penjualan_netbook_merosot_gara_gara_ipad

tujuan dari tulisan ini, hanya untuk belajar dan keperluan sendiri ;

===========================================

iPad
Kemunculan iPad membuat HP dan Dell mengerem investasi mereka di segmen netbook.


VIVAnews - Kemunculan tablet komputer iPad ternyata mulai mempengaruhi pasar komputer.

Tak hanya menularkan 'demam tablet komputer' kepada vendor, komputer lain, iPad ternyata juga mengakibatkan penurunan permintaan pasar terhadap komputer di kelas netbook.

Menurut firma riset IDC, penjualan netbook dari Januari hingga Maret yang tadinya diharapkan bakal tumbuh 33,6 persen di bandingkan tahun lalu, ternyata penjualannya malah lebih rendah dari kuartal pertama tahun lalu.

Padahal, tahun lalu, netbook mengukir angka penjualan 3,6 juta unit, atau mengalami lompatan sebesar sekitar 872 persen dari periode sebelumnya.

"Sekarang setiap orang berusaha untuk membuat mini notebook dengan kategori yang berbeda, atau tipe perangkat yang berbeda," kata analis IDC Richard Shim, dikutip dari BusinesWeek.

Situs komputer Taiwan, DigiTimes juga melaporkan bahwa pabrik pembuat panel LCD di Taiwan memotong jumlah produksinya, gara-gara karena order netbook yang semakin berkurang.

DigiTimes juga mengatakan bahwa Dell dan Hewlett-Packard (HP) mengerem investasi mereka di segmen netbook 10 inci, secara signifikan.

HP bahkan tengah mempertimbangkan untuk menghentikan produksi netbook 10 inci, karena keuntungan dari penjualan netbook-netbook Intel Pinetrail, di bawah perkiraan.

Kini HP mengalihkan fokusnya menggarapa netbook 11,6 inci berbasis prosesor AMD. Namun vendor lain seperti Acer, Asustek Computer, dan Samsung Electronics masih akan terus akan meproduksi netbook sebagai salah satu porsi besar mereka dari keseluruhan penjualan notebook.

Salah satu penyebab kemerosotan permintaan netbook bisa dialamatkan kepada munculnya iPad di pasaran, akhir pekan ini.

Berdasarkan survey berbasis web yang dilakukan oleh situs PriceGrabber.com, sekitar seperlima pembeli potensial notebook dan netbook kini lebih cenderung ingin membeli iPad daripada komputer portabel tradisional.

Dell dan HP sendiri merupakan vendor-vendor yang sudah positif bakal meluncurkan tablet sejenis iPad. Selain itu, Acer, Sony, Asus, Lenovo, dan Samsung juga meluncurkan tablet komputer mereka tahun ini.

Comments