Harumkan Ruangan Anda dengan Daun Pandan

By Ogahrugi.com, Updated: 05/09/2011 14:09


Daun wangi ini bisa berfungsi sebagai aromaterapi dan mampu merelaksasi tubuh serta pikiran yang tegang. Caranya mudah, cukup potong halus daun pandan.


Harumkan Ruangan Anda dengan Daun Pandan


Wewangian dari daun pandan merupakan warisan nenek moyang. Tidak percaya?



Daun pandan sudah dikenal banyak orang sebagai pengharum makanan dan bisa menambah selera seseorang untuk mencicipi hidangan tertentu. Biasanya aneka bubur atau kolak yang marak ada di bulan Ramadan menggunakannya sebagai penambah wangi hidangan.




Daun pandan wangi atau yang biasa disebut pandan saja merupakan daun yang menghasilkan aroma wangi yang khas. Karena wanginya, daun pandan merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.



Ternyata daun pandan tak cuma bermanfaat sebagai pewangi masakan, sebab ada beberapa gangguan yang bisa disembuhkan dengan pandan, seperti lemah syahwat dan rematik. Pandan juga bisa menghitamkan rambut serta mencegah timbulnya uban.



Nah, tak cuma urusan penyakit dan gangguan, daun pandan juga bisa mengurangi stres, lho. Daun wangi ini bisa berfungsi sebagai aromaterapi dan mampu merelaksasi tubuh serta pikiran yang tegang. Caranya mudah, cukup potong halus daun pandan. Bila suka bisa tambahkan jenis bunga lain yang berbau harum. Campuran daun pandan dan bunga ini bisa diletakkan di ruang penting di rumah, seperti ruang tamu atau bahkan kamar mandi.



Daun pandan sudah dipercaya sebagai pengharum sejak nenek moyang dulu. Tiap sudut rumah bangsawan atau istana biasanya diberi wewangian berupa irisan daun pandan dan bunga. Tradisi ini masih terasa hingga sekarang saat ada upacara pernikahan adat Jawa, khususnya. Kamar pengantin dan pelaminan adalah tempat-tempat wajib yang harus disebarkan irisan daun pandan dan bunga.



Comments